Kamis, 03 Desember 2009

Esensi Dasar Pelayanan Perpustakaan

Setiap pengelola sistem atau pusat informasi termasuk perpustakaan perlu menyadri bahwa lembaga tersebut merupakan suatu unit kerja yang didalamnya terdiri dari kopmponen-kmponen yang saling berkaitan antar satu dengan lainnya. Dimana komponen yang terlibat dalam pengurusan informasi adalah pengadaan, pengolahan, dan penyebaran informasi (K.J.Mc Garry, 1975:8)

Pelayanan perpustakaan merupakan sub unit kerja dari kegiatan-kegiatan yang ada di perpustakaan. Berbagai kegiatan yang ada di perpustakaan pada palaksanaannya banyak mewarnai terhadap bentuk dan luasnya kegiatan pelayanan perpustakaan. Merupakan tugas bagian pelayanan untuk senantiasa mengupayakan agar setiap bahan/informasi yang tersedia, dapat dimabfaatkan secara maksimal oleh para pemakai, khususnya pemakai yang harus dilayani (actual user).

Agar para pemakai dapat memperoleh kesempatan dari fasilitas yang tersedia di perpustakaan, terutama dalam kegiatan penelusuran untuk menemukan informasi yang diperlukan yang sesuai dengan kebutuhannya, maka pihak pengelola perpustakaan harus dapat memberikan pelayanan yang optimal melalui kegiatan bimbingan, penerangan dan pengarahan.

Maka esensi dasar dari kegiatan pelayanan perpustakaan adalah suatu upaya atau proses penyebarluasan dan pendayagunaan atau pemberdayaan koleksi atau fasilitas yang dimiliki perpustakaan, serta memberi arti dan bantuan yang maksimal, sehingga terjadi adanya titik temu antara kebutuhan pengguna dengan sumber-sumber informasi di perpustakaan. Sebagaimana yang dikemukakan Roger Stoakley (1982,60) "...the essential of the services the stock and the extend to which it meets the needs of the community..."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar